SELAMAT DATANG DI BLOG - WILAYAH BINAAN 3 - KALIDERES

Sabtu, 17 Maret 2012

Format BOS K1-K7

Format BOS K1 yang merupakan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) bisa dipandang “seperti” sebuah neraca dalam pembukuan perusahaan, meskipun cukup berbeda dengan neraca. Di sini saya melihat persamaannya karena sama-sama memiliki sifat keseimbangan antara sisi kanan dan kiri, penerimaan dan pengeluaran.

Kalau pada neraca pada umumnya terdiri dari sisi kiri dan kanan, dimana sisi kiri (saldo normal debet) merupakan kumpulan rekening-rekening aktiva sementara sisi kanan (saldo normal kredit) merupakan rekening-rekening pasiva yang merupakan sumber dari adanya aktiva. Sementara kebalikan dari itu pada RKAS sisi sumber berada pada sisi kiri dan penggunaanya pada sisi kanan berupa anggaran program-program sekolah dan non program sekolah.

Bila dalam neraca pada sisi aktiva kita mengenal adanya harta, mulai dari harta paling lancar (kas, bank, piutang, perlengkapan, dll) sampai juga harta tetap (tanah, gedung, kendaraan, dll) beserta akumulasi penyusutannya, dan di sisi pasiva ada modal (bisa modal pribadi, saham, simpanan pokok, dll) dan hutang (hutang dagang, dll), sementara itu pada Format BOS K1-K7 Tahun 2012. Download disini.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design